Pages

Perjalanan




Awalnya keputusan untuk kuliah dimakassar dikarenakan ingin mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik. 
Suatu hari teman bertanya ambil jurusan apa dimakassar??


Biologi,,
 Wah ngapain jauh-jauh kemakassar cuman ambil jurusan biologi, disini juga banyak.
Saat itu saya menjawabnya takdir lalu tersenyum, tidak tau harus berkata apa.
Pertayaan itu terus menggantung beberapa hari, sampai akhirnya terlupa.

Ketika saya telah menyelesaikan pendidikan dan kembali ke muara badak, pertayaan bertahun lalu itu teringat, dan saat ini saya tau jawabannya.

Ya perjalanan, ini bukan hanya masalah biologi tapi lebih daripada itu, ini mengenai pelajaran hidup. Bagaimana lebih memahami hidup, memandang hidup, bertoleransi, berdiri diatas kaki sendiri, menghargai apa yang telah ada, empati, mengatur keuangan, impian, cara berfikir dan yang paling penting adalah mandiri.

Banyak hal yang diperoleh dari suatu perjalanan (merantau), dan bagi saya sulit untuk mengeluarkanya lewat kata-kata, semua terasa dihati, terekspresi lewat senyuman, tangis, tawa.

Teringat kata-kata seorang guru bahasa inggris ketika masih smp dulu, “Kalian mau hidup, mati disini, kalian tidak mau melihat indahnya bali, bagaimana itu paris van java dan kota lainnya. Entah kenapa kata-kata itu begitu terpatri dalam ingatan.

Selalu ada rasa bahagia, ketika saya ada dibandara, pelabuhan, terminal, karena tempat ini adalah awal dari suatu perjalanan, awal dari suatu cerita baru.

Rabiatul .A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram